AMBULAN DESA

Rabu, 06 April 2011

 

1. Pengertian.

a. Ambulan desa adalah salah satu bentuk semangat gotong royong dan saling peduli sesama warga desa dalam sistem rujukan dari desa ke unit rujukan kesehatan yang berbentuk alat transportasi.

b. Ambulan desa adalah suatu alat transportasi yang dapat digunakan untuk mengantarkan warga yang membutuhkan pertolongan dan perawatan di tempat pelayanan kesehatan.

2. Tujuan

a. Tujuan umum.

Mempercepat penurunan AKI karena hamil, nifas dan melahirkan.

b. Tujuan khusus.

Mempercepat pelayanan kegawat daruratan masa1ah kesehatan, bencana serta kesiapsiagaan mengatasi masalah kesehatan yang terjadi atau mungkin terjadi.

3. Sasaran

Pihak-pihak yang berpengaruh terhadap perubahan prilaku individu dan keluarga yang dapat menciptakan iklim yang kondusif terhadap perubahan prilaku tersebut. Semua individu dan keluarga yang tanggap dan peduli terhadap permasalahan kesehatan dalam hal ini kesiapsiagaan memenuhi sarana transportasi sebagai ambulan desa.

4. Kriteria

a. Kendaraan yang bermesin yang sesuai standart (mobil sehat)

b. Mobil pribadi, perusahaan, pemerintah pengusaha .

c. ONLINE (siap pakai)

5. Indikator Proses Pembentukan Ambulan Desa.

a. Ada forum kesehatan desa yang aktf

b. Gerakan bersama atau gotong royong oleh masyarakat dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah kesehatan. bencana serta kegawat daruratan kesehatan dengan pengendalian faktor resikonya.

c. UKBM berkualitas

d. Pengamatan dan pemantauan masalah kesehatan.

e. Penurunan kasus masalah kesehatan, bencana atau kegawat daruratan kesehatan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Ping your blog, website, or RSS feed for Free