MAKALAH TENTANG WEBCAM

Minggu, 15 Mei 2011

Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web kadang-kadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan.

Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) port USB ataupun port COM.

DEFINISI WEBCAM (WEB CAMERA)

WebCam adalah kamera video sederhana berukuran relatif kecil. sering digunakan untuk konferensi video jarak jauh atau sebagai kamera pemantau. WebCam pada umumnya tidak membutuhkan kaset atau tempat penyimpanan data, data hasil perekaman yang didapat langsung ditransfer ke komputer. Gambar webcam Merk Creative :

clip_image002

Defenisi yng lain tentang WebCam adalah sebuah periferal berupa kamera sebagai pengambil citra/gambar dan mikropon ( optional ) sebagai pengambil suara/audio yang dikendalikan oleh sebuah komputer atau oleh jaringan komputer. Gambar yang diambil oleh WebCam ditampilkan ke layar monitor, karena dikendalikan oleh komputer maka ada interface atau port yang digunakan untuk menghubungkan WebCam dengan komputer atau jaringan. Ada beberapa orang mengartikan WebCam sebagai Web pages + Cam era, karena dengan menggunakan WebCam untuk mengambil gambar video secara aktual bisa langsung di upload bila komputer yang mengendalikan terkoneksi internet. Gambar Webcam merk Dlink

Webcam (singkatan dari web camera ), merupakan sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui internet , program instant messaging seperti Yahoo Messenger , AOL Instant Messenger (AIM), Windows Live Messenger , dan Skype .Istilah "webcam" mengarah pada jenis kamera yang digunakan untuk kebutuhan layanan berbasis web.

SEJARAH WEBCAM

Pada awalnya, bentuk web camera terbatas pada bentuk-bentuk standar yang hanya terdiri dari lensa dan papan sirkuit serta casing yang biasa. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, bentuk web camera pun sudah makin bervariasi dengan fitur-fitur yang makin canggih. Salah satu bentuk web camera yang unik adalah bentuk boneka yang lucu, web camera ini dapat disalahartikan hanya sebagai boneka dan bukan webcam. Sebuah penemuan oleh Microsoft pada tahun 2004 menggambarkan kemajuan perkembangan teknologi web camera. i2i adalah sebuah sistem dua-kamera yang dengan sangat hati-hati mengikuti pergerakan individu. Kamera ini menggunakan perhitungan algoritma yang secara spesial dikembangkan untuk memfusikan apa yang setiap kamera lihat untuk membuat gambar ‘cyclopean’ stereo yang akurat. Kamera ini juga dapat menampilkan emoticon 3D yang melayang. Sistem i2i dapat juga menghasilkan gambar background yang realistis sehingga pengguna dapat berpura-pura berada di tempat lain. Kemampuan sistem i2i ini, diantaranya yaitu kemampuan tracking (disebut smart framing) dan juga kemampuan smart focusing, dapat menambah pengalaman berkonferensi bagi pengguna.

Teknologi web camera pada awalnya mendapat dukungan komersial dari industri pornografi. Industri ini membutuhkan gambar-gambar ‘live’ dan meminta pembuatan software yang mampu melakukannya tanpa web browser plugins. Hal ini melahirkan teknologi live streaming webcam yang masih tetap ada hingga sekarang. Sekarang ini web camera yang ada di pasaran pada umumnya terbagi ke dalam dua tipe: web camera permanen (fixed) dan revolving web camera. Pada web camera permanen terdapat pengapit untuk mengapit lensa standar di posisi yang diinginkan untuk menangkap gambar pengguna. Sedangkan pada revolving web camera terdapat landasan dan lensa standar dipasang di landasan tersebut sehingga dapat disesuaikan ke sudut pandang yang terbaik untuk menangkap gambar pengguna. Penggunaan web camera mencakup video conferencing, internet dating, video messaging, home monitoring, images sharing, video interview, video phone-call, dan banyak hal lain. Kamera untuk video conference biasanya berbentuk kamera kecil yang terhubung langsung dengan komputer. Kamera analog juga kadang-kadang digunakan, kamera ini terhubung dengan video capture card dan tersambung dengan internet (baik langsung maupun tidak langsung). Saat ini kamera untuk video conference sudah makin maju, sudah ada web camera yang di dalamnya terdapat microphone maupun noise cancellation untuk memfokuskan audio ke speaker yang terletak di depan kamera sehingga noise yang ada tidak mengganggu jalannya konferensi.

JENIS-JENIS WEBCAM

a. Serial and Parallel port WebCam

WebCam jenis ini sudah terlalu tua dan jarang ditemukan lagi, karena sudah tidak ada yang memproduksi. Selain itu, kamera jenis ini menghasilkan kualitas gambar yang rendah dan frame rate yang rendah pula.

clip_image004

b. USB WebCam

WebCam jenis ini merupakan solusi bagi pengguna baru dan amatir. Mendukung fasilitas PnP ( Plug and Play ) dan dapat dihubungkan ke port USB tanpa harus mematikan komputer, tetapi syaratnya sistem operasi komputer harus mendukung fasilitas USB port.

clip_image005

c. Firewire and Card Based WebCam

Firewire adalah salah satu teknologi video capture device yang diperlukan bagi kamera yang mendukungnya. Pada umumnya WebCam yang membutuhkan video capture device harganya mahal, akan tetapi dapat menghasilkan frame rate tinggi, yaitu 24 sampai 30 frame per second ( fps ).

clip_image007

d. Network and Wireless Camera

Network Camera adalah perangkat kamera yang tidak memerlukan sama sekali fasilitas komputer, karena dapat langsung terhubung ke jaringan melalui modem. Transfer gambar dan suara langsung menuju jaringan LAN atau line telepon via modem.

BAGIAN DAN KELENGKAPAN WEBCAM

Webcam terdiri dari sebuah lensa, sensor gambar (image sensor) dan sirkuit elektronik pendukung. Sensor gambar dapat berupa CMOS dan CCD.

Webcam dilengkapi dengan peralatan tambahan, yaitu :

1. Kabel data, merupakan kabel penghubung antara webcam dengan komputer/ pheripheral lainya.

clip_image011

Gambar Webcam yang dipasang diatas monitor

2. Tombol Snapshot, adalah tombol untuk pengambilan gambar bergerak dan menyimpan dalam bentuk foto.

clip_image012

3. Pengatur Focus, digunakan untuk mengatur lensa agar gambar yang ditampilkan jelas

4. Lensa Camera, digunakan untuk mengambil gambar/ video

Lensa kamera yang sering digunakan adalah lensa plastik yang dapat digerakan (diputar) oleh pengatur fokus.

Webcam membutuhkan resolusi VGA rata-rata 25 frame/detik, atau dengan resolusi yang lebih tinggi 1.3 megapixel.

SETTING WEBCAM

1. Motion sensing – web camera akan mengambil gambar ketika kamera mendeteksi gerakan.

2. Image archiving – pengguna dapat membuat sebuah archive yang menyimpan semua gambar dari web camera atau hanya gambar-gambar tertentu saat interval pre-set.

3. Video messaging – beberapa program messaging mendukung fitur ini.

4. Advanced connections – menyambungkan perangkat home theater ke web camera dengan kabel maupun nirkabel.

5. Automotion – kamera robotik yang memungkinkan pengambilan gambar secara pan atau tilt dan setting program pengambilan frame berdasarkan posisi kamera.

6. Streaming media – aplikasi profesional, setup web camera dapat menggunakan kompresi MPEG4 untuk mendapatkan streaming audio dan video yang sesungguhnya.

7. Custom coding – mengimport kode komputer pengguna untuk memberitahu web camera apa yang harus dilakukan (misalnya automatically refresh).

8. AutoCam – memungkinkan pengguna membuat web page untuk web cameranya secara gratis di server perusahaan pembuat web camera.

PANDUAN SINGKAT UNTUK MEMASANG KAMERA WEB

Jika kita tidak memiliki keahlian teknis untuk memasang suatu webcam, jangan berputus asa. webcam yang paling populer saat ini memiliki fitur fungsionalitas USB pasang dan gunakan yang mudah, dan semuanya itu hanya membutuhkan beberapa langkah mudah untuk memasang dan mengoperasikan webcam pribadi kita.

Baca petunjuk (buku manual) yang menyertai kamera yang kita beli.

1. Masukkan disk yang menyertai kamera kita ke dalam komputer. Langkah ini akan meng-install perangkat lunak dan driver kamera secara otomatis. Setelah terinstal, biasanya komputer harus di restart.

2. Pasang kamera tersebut ke lubang USB yang kosong. Komputer kita akan langsung mendeteksi webcam sebagai perangkat keras baru dan akan mengarahkan pada penyelesaian proses instalasi.

Jika kamera tidak dilengkapi dengan sebuah mikrofon, kita perlu memasang perangkat mikrofon external ke dalam sound card komputer jika ingin menggunakan fasilitas suara.

Dengan menggunakan software yang menyertai kamera tersebut, lakukan pengecekan untuk melihat apakah kameranya dapat berfungsi. Jika kamera tersebut belum bekerja, batalkan instalasi kamera tersebut dan mulai lagi dari awal.

Sebuah gambar bernilai ribuan kata-kata

Apapun kegunaan webcam kita, baik untuk kebutuhan pribadi, usaha atau hanya untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, kita segera dapat mengetahui betapa banyak kata-kata yang dapat diucapkan saat kita memiliki sebuah gambar untuk melengkapi kata-kata kita. webcam dapat membantu kita untuk tetap merasa dekat, bahkan lebih langsung dan cepat dari komunikasi dengan kata-kata.

Mengirimkan e-mail video

Rekam suara bersama dengan video, kemudian tambahkan musik atau komentar pada pesan, dan kirimkan dalam sebuah email. Dengan beberapa perangkat lunak webcam, kita dapat mengirimkan sebuah klip video atau gambar sebagai sebuah email langsung dari program yang kita gunakan untuk merekam gambar-gambar tersebut. Penerima dapat melihatnya dengan menggunakan salah satu program multimedia yang biasanya telah tersedia pada kebanyakan komputer.

Gambar-gambar dan klip-klip yang terekam dengan menggunakan webcam dapat diputar dengan menggunakan kebanyakan perangkat lunak untuk presentasi, termasuk Microsoft PowerPoint.

Membuat halaman web menjadi lebih menonjol

Gambar-gambar khusus dapat membuat sebuah situs jadi lebih menonjol dari yang lain. Dengan menyertakan gambar-gambar dari webcam, kita dapat membuat halaman situs pribadi menjadi lebih pribadi dengan foto-foto yang secara unik merupakan milik kita.

Situs-situs yang menyediakan tampilan webcam secara langsung telah menjadi tempat yang umum di Internet, menampilkan video langsung mengenai berbagai hal dari kondisi lalu lintas hingga aktivitas di dalam peternakan semut. Walaupun hal tersebut ditujukan untuk menyediakan layanan kepada masyarakat atau hanya sekedar untuk menyenangkan diri sendiri, kemungkinan-kemungkinan yang ada sangatlah tidak terbatas dan termasuk hal-hal berikut ini.

· Acara perkiraan cuaca dari tempat tinggal.

· Pengawasan terhadap rumah.

· Menampilkan perkembangan harian dari suatu proyek.

Mengatur suatu webcam secara langsung tidaklah sulit. Setelah memutuskan di mana akan meletakkan kamera (pastikan hal tersebut tidak bertentangan dengan hukum), kita perlu men-download dan meng-install perangkat lunak sehingga dapat menggunakan kamera kita sebagai webcam untuk siaran langsung. Kita harus mengatur komputer agar dapat menghubungi penyedia jasa Internet hanya pada saat diminta jika kita mengoperasikan webcam dengan menggunakan sebuah modem.

GUNAKAN WEBCAM UNTUK MELAKUKAN KONFERENSI VIDEO

Konferensi video memudahkan kita untuk melakukan pertemuan pada saat yang sama dengan rekan yang berada di daerah yang jauh. Karena konferensi video dapat menyediakan pertukaran informasi secara visual dan audio, hal ini sering kali juga menghilangkan kebutuhan untuk melakukan pertemuan tatap muka, sehingga dapat menghemat waktu, biaya perjalanan, waktu, dan rasa lelah.

Kebanyakan webcam mempunyai standar industri untuk protokol konferensi video lewat Internet pada desktop. Dengan webcam, komputer, dan perangkat lunak konferensi video kita, seperti Microsoft NetMeeting, kita dapat melakukan konferensi video untuk aktivitas seperti rapat, presentasi, pertunjukan, dan masih banyak lagi.

Webcam untuk video conference pada yahoo massenger

a) Untuk melakukan Video Conference, hal-hal yang perlu dilakukan adalah :Pastikan laptop atau PC anda sudah terinstall aplikasi Yahoo Messenger

b) Jalankan aplikasi Yahoo Messenger pada PC anda

c) Sign In dengan memasukan ID yahoo dan pasword pada halaman login

d) Setelah masuk ke aplikasi YM, pilih menu Action kemudian Invite to Conference

e) Invite teman anda yang sedang online dengan cara klik nama kemudian klik Add

f) Setelah semua ID di add, klik Invite untuk memulai conference kemudian klik webcam untuk menampilkan gambar/video user

g) Arahkan lensa kamera pada objek yang dituju

h) Untuk mendapatkan hasil gambar yang baik, arahkan lensa kamera ke wajah kita (user).

i) Rekam objek dengan menekan tombol yang tersedia jika diperlukan

Beberapa jenis webcam mempunyai tools untuk mengambil gambar/video dengan menekan tombol snapshot.

PERMASALAHAN

Ada beberapa permasalahan yang dihadapi web camera. Secara fisik, kamera-kamera yang beredar di pasaran memiliki kesulitan untuk memenuhi kebutuhan personal pengguna karena desainnya yang cukup bergaya namun hanya memiliki sedikit variasi. Lalu, sudut pandang web camera disesuaikan tidak langsung dalam cara yang tidak nyaman. Dan juga pengguna banyak menemui kesulitan ketika menyesuaikan posisi web camera untuk menangkap gambar. Permasalahan lainnya adalah sebuah program yang dinamakan ‘Trojan Horse’, program ini memungkinkan hacker untuk mengaktifkan web camera tanpa sepengetahuan pengguna kamera. Sehingga hacker dapat mengambil gambar live video dari sang pengguna kamera. Untuk menanggulanginya, kamera-kamera dilengkapi penutup lensa ataupun lampu LED yang akan menyala jika kamera dalam keadaan aktif.

Dengan semakin banyaknya penggunaan web camera di seluruh dunia, web site aggregator pun muncul. Web site ini memungkinkan pengguna untuk menemukan live video stream berdasarkan lokasi ataupun kriteria lainnya. Camera dapat menimbulkan permasalahan sosial. Kemudahan akses terhadap live video stream memungkinkan maraknya pornografi ilegal ataupun pornografi anak. Pedofil dapat dengan mudahnya berhubungan dengan korbannya tanpa sepengetahuan orangtua korban. Internet memungkinkan terjadinya transaksi seksual dengan kontrol yang hampir tidak ada. Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika yang ditayangkan di Oprah Winfrey Show,impian terbesar para pedofil adalah agar mereka dapat hadir di tengah anak-anak, dan teknologi web camera mewujudkan mimpi tersebut. Karena web camera tidak hanya memungkinkan orang saling bertemu namun juga memungkinkan orang memperlihatkan bagian-bagian tubuh mereka. Anak-anak yang memiliki tingkat pengetahuan tinggi akan sangat rentan terhadap hal ini.

 

Sumber :

1. http://id.wikipedia.org/wiki/Webcam/

2. http://anwar.mhs.upnyk.ac.id/2011/01/09/sejarah-perkembangan-webcam/

3. http://www.ripiu.com/article/read/semua-tentang-webcam/

4. http://idkf.bogor.net/

5. http://pengentahu.com/post-jenis-webcam.html

0 komentar:

Posting Komentar

Ping your blog, website, or RSS feed for Free